Setelah saudara membaca materi kepemimpinan maka sdr diminta memberikan komentar atau tanggapan atas masalah sebagai berikut.
1. Pada dasarnya setiap manusia adalah pemimpin, dengan bentuk dan kapasitas yang berbeda. Secara umum, bentuk-bentuk kepemimpinan dibagi atas kepemimpinan formal dan informal. Jelaskan!
Kepemimpinan
formal merupakan kepemimpinan seseorang yangdiangkat dalam suatu jabatan
tertentu. Pola kepemimpinan ini terlihat jelasadanya hirarchi sebagaimana biasa
tergambar dalam struktur organisasinya.Contoh kepemimpinan dalam lembaga
pendidikan, perusahaan, pemerintahandan lain-lain. Hubungan pemimpin dengan
yang dipimpin cenderung bersifatlegal formalistik. Sedangkan Kepemimpinan
informal merupakankepemimpinan yang dilakukan seseorang yang tidak
berdasarkanpengangkatan secara formal, namun diakui dan ditaati oleh
orang-orang yangdipimpinnya.2 Contoh: kepemimpinan para kyai atau tokoh agama.
2. Menurut Winardi (2001), pemimpin perlu memperhatikan proses memimpin. Hal-hal apa saja yang harus diperhatikan? Sebutkan (minimal 4 butir)!
Hal-hal apa saja yang harus diperhatikan dalam proses
memimpinadalah :
1. pemimpin membuat (mengambil) keputusan-keputusan,
yaitu mengembangkan suatu proses dimana ditetapkan suatu pola
tindakanberdasarkan pilihan antara sejumlah alternatif guna mencapai tujuan
yangdinginkan.
2. pemimpin memusatkan perhatian atas sasaran, yaitu
memotivasibawahan untuk bersama-sama mencapai sasaran-sasaran yang telah
ditetapkanoleh organisasi. Apabila terjadi penyimpangan, maka pemimpin harus
cepatmengoreksinya.
3. Pemimpin merencanakan dan menyusun kebijakan,
yaitumengantisipasi masa yang akan datang dan berusaha menemukan macam-macam
pola tindakan alternatif serta menggariskan pedoman atau petunjukuntuk
keputusan masa yang akan datang.
4. pemimpin mengorganisasi dan menempatkan staf /
pekerja padajabatan yang ada, yaitu dengan menggunakan sebuah proses
dimanaditetapkan struktur dan alokasi jabatan setelah dipilih orang-orang
untukmengisi jabatan-jabatan tersebut.
5. pemimpin melaksanakan komunikasi dengan bawahan,
para rekan danatasan, yaitu meneruskan ide-ide kepada pihak lain dengan tujuan
untukmencapai hasil yang diinginkan.
6. pemimpin memimpin dan mensupervisi, yaitu
mengusahakan agarpihak bawahan bekerja ke arah pencapaian sasaran-sasaran dan
tujuan umum.
7. pemimpin mengawasi aktivitas-aktivitas, yaitu
menggunakan prosesyang dapat mengukur hasil pekerjaan dan kemudian memimpinnya
ke arahtujuan yang ditetapkan semula.
3. Pemimpin sebagai integrator, dituntut untuk berfikir dan bertindak dengan selalu mengintegrasikan berbagai elemen organisasi sehingga organisasi diharapkan dapat mencapai tujuannya dengan tingkat efisiensi, efektivitas, dan produktivitas yang tinggi. Elemen apa saja yang harus diintegrasikan?
Kepemimpinan merupakan suatu kekuatan penting dalam rangka pengelolaan,
maka kemampuan memimpin secara efektif merupakan kuncikeberhasilan organisasi. Kepala
sekolah sebagai pemimpin harus mampu :
a.menimbulkan kemauan yang kuat dengan penuhsemangat dan percaya diri pada
bawahan dalam melaksanakan tugas masing-masing.
b.memberikan bimbingan dan mengarahkan para bawahanserta memberikan
dorongan, memacu dan berdiri di depan demi kemajuan danmemberikan inspirasi
dalam mencapai tujuan.
4. Berbicara masalah kepemimpinan maka secara teori tentu banyak faktor yang menyebabkan seseorang menjadi pemimpin. Sebutkan!
1.karena pewarisan kedudukan sebagai pemimpin
2.karena kekuasaan pribadi
3.karena penunjukan oleh pihak atasan
4.karena
dipilih oleh pengikutnya
5.karena
diakui bawahannya
6.karena situasi / kondisi.
5. Menurut GR Terry yang dikutip Winardi, bahwa teori
kepemimpinan ada 8. Sebutkan minimal 4 dan bagaimana implementasinya? Jelaskan!
- Teori otokratis, yaitu teori kepeminmpinan yang
didasarkan atas printah-perintah, pemaksaan dan tindakan yang agak
arbitrer dalam hubunganantara pemimpin dan bawahan, yang biasanya
diperkuat adanya sanksi-sanksi.
- teori psikologis, yaitu teori kepemimpinan yang
mengembangkan sistemmotivasi terbaik, dimana pemimpin merangsang
bawahannya untukbekerja ke arah pencapaian sasaran-sasaran organisasi
maupun untukmemenuhi tujuan-tujuan pribadi mereka, biasanya sangat
diperhatikanpengakuan, kepastian emosional, dan kesempatan untuk
memperhatikankeinginan dan kebutuhannya.
- teori sosiologis; yaitu teori kepemimpinan yang
dalam menetapkan tujuan-tujuan dengan mengikutsertakan para pengikut dalam
pengambilankeputusan dan pemimpin menjalankan pengaruh
kepemimpinannyadengan menjaga harmoni dan usaha-usaha kooperatif antara
parapengikutnya.
- teori supportif yaitu teori kepemimpinan dimana
pemimpin menciptakansuatu lingkungan kerja yang membantu mempertebal
keinginan padasetiap pengikut untuk melaksanakan pekerjaan sebaik
mungkin,bekerjasama dengan pihak lain, serta mengembangkan skillnya. Teori
inikadang disebut teori partisipatif, dan ada juga menyebutnya dengan
teoridemokratik kepemimpinan.
- teori laissez faire yaitu teori kepemimpinan dimana
pemimpinmemberikan kebebasan seluas-luasnya kepada para pengikutnya dalam
halmenentukan aktivitas mereka. Pendekatan ini merupakan kebalikan
dariteori otokratis. Kelompok-kelompok laissez-faire cenderung
membentukpemimpin-pemimpin informal.
- teori perilaku pribadi yaitu teori kepemimpinan yang
didasarkan padakualitas pribadi pemimpin dimana tindakan-tindakan pihak
pemimpin danjumlah otoritas yang digunakan dihubungkan dengan kebebasan
membuatkeputusan atau partisipasi terbuka bagi pihak bawahan.
- teori sifat yaitu teori kepemimpinan yang didasarkan
pada sifat-sifatpemimpin. Sifat-sifat yang harus dimiliki pemimpin
antara lain: a)intelegensi, b) inisiatif, c) energi atau rangsangan
(energik dalam usahamencapai tujuan), d) kedewasaan emosional, e)
persuasif, f) skillkomunikatif, g) kepercayaan pada diri sendiri, h)
perseptif (kemampuanmendalami ciri dan kelakuan serta memproyeksi diri
secara mental danemosional ke dalam posisi orang lain), i) kreativitas, j)
partisipasi social.
- teori
situasi yaitu teori kepemimpinan yang didasarkan pada fleksibilitas dalam
kepemimpinan untuk menyesuaikan diri dengan berbagai macam situasi.
Selamat mengerjakan
No comments:
Post a Comment