KATA PENGANTAR
Segala
puja dan syukur hanyalah kita panjatkan kepada Allah SWT yang telah memberikan
kesempatan dan mengilhami pengetahuan kepada kita semua. Dan segala sanjungan
kepada Nabi Muhammad SAW atas keteladanan dengan pribadi yang mulia, semangatnya
yang menginspirasi untuk menjadi pribadi yang mulia, semangat dan motifasinya
yang bermanfaat dan yang semangatnya yang menginspirasi untuk menjadi pribadi
yang sholih Kepada keduaa orang tua dukungan dan bimbingan guna menjadi
harapan, tidak hanya berharap.
Tiada kata yang pantas kita ucapkan selain
rasa syukur kepada Allah SWT atas selesainya penyusunan makalah ini, walaupun
tentunya masih banyak kekurangan dan ketidak sempurnaan didalamnya.
Makalah ini ditulis dengan maksud untuk
dijadikan sumber ilmu pengetahuan dan mengetahui tentang isi materi metodologi
penelitian. Dan penulis menyadari bahwa materi-materi yang diuraikan dalam
makalah ini masih jauh dari kesempurnaan. Untuk itu senantiasa mengharapkan
kritik dan saran yang bersifat membangun guna perbaikan tulisan selanjutnya.
Penulis berharap semoga makalah ini bermanfaat bagi kita semua.
Ponorogo,
20 Februari 2016
Penulis
Kelompok
1/TA.B
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL
KATA PENGANTAR………………………………………………….…….. 1
DAFTAR ISI………………………………….……………………………….. 2
BAB I PENDAHULUAN……………………………………………………… 3
- Latar
Belakang………………………………………………………….. 3
- Rumusan Masalah………………………………………………...…….. 3
- Tujuan Pembahasan………………………………………….…………. 3
BAB II PEMBAHASAN………………………………………………………. 3
- Pengertian metodologi penelitian...........……………………………....... 4
- Perbedaan antara metode penelitian dan
metodologi penelitian............... 7
- Penelitian sebagai karya
ilmiah...............………………………...…….. 8
- Penelitian dan peningkatan pendidikan.....…....................….………..... 8
- Berpikir dalam penelitian........………………………………………….. 9
BAB III PENUTUP……………….....………………………………………….. 10
DAFTAR PUSTAKA…………………………………………....……………… 11
BAB I
PENDAHULUAN
- Latar Belakang
Dalam kehidupan sehari-hari kita selalu dihadapkan dengan
berbagai persoalan atau permasalahan, baik yang bersifat awam maupun suatu
masalah yang menuntut pemecahan secara sistematik. Sedangkan pemecahan masalah-masalah
tersebut sering dengan cara simple, sederhana, bersifat segera dan tidak membutuhkan
data-data pendukung yaitu dengan cara melakukan sebuah penelitian.
Dalam konteks
tersebut, Penelitian merupakan upaya untuk mendapatkan nilai kebenaran, tetapi
bukan bukan satu-satunya cara untuk mendapatkannya. Dan beberapa teori tentang
cara yang dapat di tempuh untuk mencapai sebuah nilai kebenaran diantaranya
Teori Empirisme yang dikembangkan oleh John Lock, Teori Rasionalisme yang di
kembangkan oleh Leibniz, Teori Pragmatisme yang di kembangkan oleh Charles
Sander Peirce. [1]
Dalam dunia pendidikan, Sebelum kita melakukan sebuah
penelitian pastinya kita harus mengetahui ruang lingkup sekaligus hakikat Asli
dari sebuah penelitian tesebut, karena masih banyak yang kurang sempurna dan
mengerti akan hal tersebut. Oleh karena itu pemakalah akan berusaha untuk
memaparkannya sekaligus memecahkan problematika tersebut dengan berbagai
referensi yang telah kami kutip.
B.
Rumusan Masalah
1.
Apakah pengertian dari metode penelitian itu?
2.
Apakah perbedaan antara metode penelitian dan metodologi
penelitian?
3.
Apakah penelitian sebagai karya ilmiah?
4.
Apakah hubungan antara Penelitian dan peningkatan
pendidikan?
5.
Apakah yang di maksud dengan berpikir dalam penelitian?
- Tujuan Pembahasan
1.
Untuk mengetahui pengertian metodologi penelitian
2.
Untuk mengetahui perbedaan antara metode penelitian dan
metodologi penelitian
3.
Untuk mengetahui bahwa penelitian sebagai karya ilmiah
4.
Untuk mengetahui hubungan antara Penelitian dan
peningkatan pendidikan
5.
Untuk mengetahui maksud dari berpikir dalam penelitian
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian
metode penelitian
Metode adalah cara atau jalan.
Metode merupakan cara yang teratur untuk mencapai suatu maksud yang diinginkan.
Oleh sebab itu, metode dapat di artikan sebagai cara mendekati, mengamati, dan
menjelaskan suatu gejala dengan menggunakan landasan teori. Hal ini merupakan
arti sempit dari kata metode yaitu hanya berhubungan dengan rancangan
penelitian yang meliputi prosedur pengumpulan data dan teknik analisis data.
Metode penelitian menunjuk pada cara dalam hal apa studi penelitian dirancang
dan prosedur-prosedur melalui apa data di analisis.
Dalam arti luas, metode penelitian
merupakan cara dan prosedur yang sistematis dan terorganisasi untuk menyelidiki
suatu masalah tertentu dengan maksud mendapatkan informasi untuk digunakan
sebagai solusi atas masalah tersebut. Oleh karena itu, metode merupakan
keseluruhan langkah ilmiah yang digunakan untuk menemukan solusi atas suatu
masalah. Dengan langkah-langkah tersebut, siapa pun yang melaksanakan
penelitian dengan mengulang atau menggunakan metode penelitian yang sama untuk
objek dan subjek yang sama akan
memperoleh hasil yang sama juga.[2]
Kemudian, Sugiyono menjelaskan bahwa
metode penelitian adalah suatu cara untuk memecahkan masalah ataupun cara
mengembangkan ilmu pengetahuan dengan menggunakan metode ilmiah.[3]
B. Perbedaan antara metode penelitian dan
metodologi penelitian
Metodologi penelitian berasal dari
kata “Metode” yang artinya Cara yang tepat untuk melakukan sesuatu, dan Logos”
yang artinya ilmu atau pengetahuan. Jadi metodologi artinya cara melakukan
sesuatu dengan menggunakan pikiran secara seksama untuk mencapai sebuah tujuan.
Sedangkan “Penelitian” adalah suatu
kegiatan untuk mencari, mencatat, merumuskan, dan menganalisis sampai menyusun
laporannya.
Tentang istilah
“Penelitian” banyak para sarjana yang mengemukakan pendapatnya, seperti:
a.
David H. Penny
Penelitian
adalah pemikiran yang sistematis mengenai berbagai jenis masalah yang
pemecahannya memerlukan pengumpulan data penafsiran fakta-fakta.
b.
J. Suprapto MA
Penelitian ialah penyelidikan dari
suatu bidang ilmu pengetahuan yang di jalankan untuk memperoleh fakta-fakta
atau prinsip-prinsip dengan sabar, hati-hati seta sistematis.
c.
Sutrisno Hadi MA
Sesuai dengan
tujuan penelitiannya dapat di definisikan sebagai usaha untuk menemukan,
mengembangkan, dan menguji kebenaran suatu pengetahuan.
d.
Mohamad Ali
Penelitian
adalah suatu cara untuk memahami sesuatu dengan melalui penyelidikan atau
melalui usaha mencari bukti-bukti yang muncul sehubungan dengan masalah itu.
Yang dilakukan secara hati-hati sekali sehingga diperoleh pemecahannya.
Dari batasan-batasan
di atas dapat diambil kesimpulan bahwa yang di maksud dengan metodologi
penelitian adalah suatu cabang ilmu pengetahuan yang membicarakan/
mempersoalkan mengenai cara-cara melaksanakan penelitian(meliputi kegiatan
mencari, mencatat, merumuskan, menganalisis, sampai menyusun laporannya)
berdasarkan fakta-fakta atau gejala-gejala secara ilmiah.
Lebih luas
lagi dapat dikatakan bahwa metodologi penelitian adalah ilmu yang mempelajari
cara-cara melakukan pengamatan dengan pemikiran yang tepat secara terpadu
melalui tahapan-tahapan yang disusun secara ilmiah untuk mencari, menyusun
serta menganalisis dan menyimpulkan data-data, sehingga dapat di pergunakan
untuk menemukan, mengembangkan dan menguji kebenaran sesuatu pengetahuan
berdasarkan bimbingan Tuhan.[4]
[1] Abdurrahmat Fathoni, Metodologi Penelitian Dan Teknik Penyusunan
Skripsi (Jakarta: PT Rineka Cipta, 2006), Hlm. 93.
[2] Ulber Silalahi, Metodologi Penelitian(Bandung: PT. Refika Aditama,
2009). Hlm. 12-13.
[4] Cholid Narbuko. Abu Achmadi, Metodologi Penelitian(Jakarta: PT Bumi
Aksara, 2007), Hlm. 1-2.
No comments:
Post a Comment